Weather (state,county)

Breaking

Rabu, 21 Maret 2018

CARA JITU DAPAT IDE MENULIS ARTIKEL

Cara Jitu Dapat Ide Menulis Artikel 


Bid Media - Menulis adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan mood dang gengsi yang tinggi untuk anak-anak jaman now, kenapa begitu? ya karna hal pekerjaan ini butuh waktu yang tdak cepat dalam menyelesaikannya, dan yang paling sering jadi masalah adalah IDE. yah ide adalah sesuatu yang kadang bisa spontan kita dapatkan saat merenung berjongkok diatas kloset kamar mandi itu, bisa juga menjadi hal yang paling sukar kita dapatkan layaknya menilat sikut tangan kita sendiri. coba aja !

lalu bagaimana masalah ini kita bisa temukan solusinya. jujur sampai artikel ini ditulis pada baris ini penulis juga masih bingung. oke akhirnya penulis mulai mencoba berimprovisasi.

okee tips pertamanya adalah........

IMPROVISASI

saya tidak akan jelaskan apa arti etimologi dan epistimologi dari kata ini, tapi setau saya improvisasi adalah "mengarang dalam tempo yang sesingkat-singkatnya". contohnya yaa tulisan ini, saya bingung mau nulis apa dan akhirnya kebingungan itu sendiri yang saya tulis. namun tulisannya harus tetap berdasar dengan data atau pengetahuan yang telah kalian pahami sebelumnya.

Data atau pengalaman yang mungkin telah kita baca seblumnya berfungsi untuk memperkuat tulisan kita agar nantinya tidak menjadi tulisan yang menyesatkan.

NYANTAI

Buat dapetin sebuah ide dan inspirasi, yang paling utama yaa pikiran kalian harus santai alias relax. Ketika fikiran kita terbebani banyak hal biasanya inspirasi sulit untuk masuk, lalu Bagaimana cara bersantai? Itu terserah kalian bagaimana caranya, mungkin tidur-tiduran, makan, duduk santai, mendengarkan lagu dsb. Kenapa harus bersantai?. Kemudian cobalah untuk keluar dari ruangan, lalu sambil melihat-lihat sekitar kalian misal mobil lewat atau dedaunan pohon yang melambai-lambai dan sebagainya. Biasanya kalian akan cepat mendapatkan ide atau inspirasi di sini.

CARI TEMPAT YANG PAS

Naah, ketika kalian ingin membuat suatu karya bait itu desain grafis atau editing video, sebelum masuk ke zona eksekusi maka biasakan untuk mencari ide dengan membaca-baca draft desain yang kalian buat sebelumnya ditempat yang kalian suka, misal, kafe, angkringan, di bawah pohon, atu bahkan di WC, tapi kebiasaan yang satu ini tolong dikurangin (kasian yang ngantri).
Dengan berada di tempat-tempat yang kalian sukai biasanya akan cepat otak kalian untuk mendapatkan sebuah ide dan inspirasi.

NGOMONG SENDIRI

Yaa betul kalian harus melakukan komunikasi dengan diri sendiri, alias ngomong sendiri Kedengarannya ya emang gila, tapi berdiskusi itu gak harus sama orang lain. Coba berdiskusi dengan diri kalian sendiri di dalam hati untuk menemukan sebuah keputusan untuk ide dan inspirasi kalian. Cocok gak menurutmu apa yang kamu pikirkan, dan cobalah untuk mengkritik dan menilai ide kalian sendiri. Yaa tentunya untuk membangun hasil yang luar biasa.

BERDISKUSI

Selain dari ngomong sama diri sendiri, kalian juga harus banyak berdiskusi sama orang tua, teman-teman atau orang lain mengenai ide dan inspirasi kalian. Sehingga kalian bisa melihat ide dan inspirasi kalian dari berbagai macam sisi dan pendapat orang lain. Dan yang paling penting adalah penilaian terbaik itu dari orang lain, apalagi kalau karyamu untuk disajikan untuk orang banyak.

Usahakan DICATAT !

Jika dalam fikiran kalian sudah terbayang dengan ide dan inspirasi kalian, segera catat secepatnya. Ini dilakukan untuk mencegah kalian terlupa dengan ide dan inspirasi kalian. Apalagi bagi kalian yang lemah dalam ingatan, maka usahan untuk selalu sediakan sketch book disisi kalian gunakan untuk mencorat-coret ide kalian. Dan kemudian dirapihkan dengan menulis ulang sehingga apa yang kalian tulis benar-benar masuk kedalam memmori otak kalian dan tentunya mencegah kecelakaan “lupa” saat sudah berda di depan area “eksekusi”.

okee itu dia tips jika kalian merasa cocok silahkan diterapkan atau boleh banget lhoh di share juga, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar