Weather (state,county)

Breaking

Selasa, 07 Maret 2017

Keindahan dan Kemegahan Masjid Perak Kotagede, Yogyakarta

sumber: google image
    Masjid Perak yang berada di Kotagede dulunya dibangun dengan bantuan dana dari sejumlah saudagar perak di Kotagede, dan juga pada saat itu adalah puncak kejayaan industri perak, sehingga masjid yang dibangun tersebut diberi nama masjid perak. Masjid ini dibangun karena pada saat itu jumlah jamaah di masjid Mataram Kotagede sudah sangat membludak sehingga ruang pada masjid Mataram Kotagede menjadi penuh, dan juga karena pengelolaan masjid Mataram berada dibawah Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Solo atas masjid Gede yang juga sering menimbulkan kesulitan dalam perijinan jika akan menggunakan masjid tersebut untuk berbagai kegiatan.


Desain masjid perak berbentuk bujur sangkar, bagian atap berbentuk joglo dengan 4 tiang penyangga (soko guru) besar berbentuk bulat. Mimbar utama yang ada di masjid perak sebelumnya digunakan di masjid gede mataram untuk sholat jum’at, lalu muhammadiyah mengusulkan untuk dipindahkan ke masjid perak agar lebih bermanfaat.

Pada tanggal 27 Mei 2006 terjadi gempa di yogyakarta yang membuat semua bangunan masjid perak mengalami retak dan rusak parah, kemudian muncul gagasan untuk memperbaiki konstruksi bangunan agar lebih aman dan menambahkan beberapa fasilitas pendukung yang baru, pembangunan kembali masjid perak di bantu oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah. Secara resmi pembangunan kembali masjid perak dinyatakan selesai pada 13 agustus 2012. 


   Bangunan baru masjid perak masih mempertahankan ciri khas ruang tengah dan serambi depan hingga kuncung masjid dan tiang soko guru masih digunakan. Perubahan bentuk bangunan ada pada bagian serambi utara dan serambi selatan yang kini berlantai dua, dengan ruang multimedia dan perpustakaan serta kantor PRM dan PRA.

Hingga saat ini penggunaan masjid perak tidak hanya sebagai pelaksanaan sholat saja, tetapi juga sebagai tempat menimba ilmu agama dari berbagai kegiatan kajian, tadarus, dan lain-lain.

    Nahh itulah, sekilas tulisan mengenai Masjid Perak yang berada di Kotagede ini, untuk kalian yang ingin menikmati suasana masjidnya, dan juga boleh nih buat jadi salah satu destinasi wisata islami kalian, bisa buat ngademin hati yang gabut. Tentunya kalo ke sini yaa beritikaf atau mengenal lebih dalam lagi mengenai masjid yang unik dan megah ini serta meramaikan salah satu rumah Allah SWT, 

Tulisan ini dibuat oleh: Immawati Alfi, Bid, Media PK IMM Dakwah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar