Weather (state,county)

Breaking

Jumat, 12 Januari 2018

Relawan Tak Harus Musiman


Bidang Hikmah - Relawan Tak Harus Musiman,  Relawan berasal dari kata rela, yang bisa diartikan sebagai bersedia dengan ikhlas hati, dapat diterima dengan senang hati dan bisa juga diartikan dengan tidak mengharap imbalan. Relawan adalah orang yang tanpa dibayar menyediakan waktunya untuk mencapai tujuan organisasi, dengan tanggung jawab yang besar atau terbatas, tanpa atau dengan sedikit latihan khusus, tetapi dapat pula dengan latihan yang sangat intensif dalam bidang tertentu, untuk bekerja sukarela membantu tenaga profesional. Ketika kita relawan, otomatis kita tidak akan megharap imbala seperti apapun, dan menerima setiap keputusan yang telah dilakukanya dengan ikhlas. Relawan sebagai refleksi sifat diri manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Setianya manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu membutuhkan orang lain baik ketika dalam kesusahan maupun dalam kemudahan untuk membatu orang lain

Yogyakarta merupakan salah satu ibukota yang mejadi sebutan sebagai kota  pedidikan. Tidak lain karena Yogyakarta memiliki 180 perguruan tinggi yang seluruhnya tersebar di Yogyakrta. Banyak dari SMA, MA, SMK atau yang lainnya yang menjadikan Yogyakarta ini sebagai pilihannya. Karena biaya untuk bertahan hidup di yogyakarta masih relatif murah dari pada kota kota yang lain.

Mahasiswa di jogja sering melakukan kegiatan yang bermacam macam untuk menunjukkan setiap eksistensinya. Salah satu kegiatan  yang dilakukannya adalah sebagai Relawan. Relawan ini berarti bisa diartikan tanggap ketika menghadapi setiap masalah yang terjadi di dalam lingkup mahasiswa maupun dalam lingkup masyarakat. Seperti yang telah ditulis dalam tri darma perguruan tinggi yaitu: 1. Pedidikan dan Pengajaran, 2. Penelitian dan Pengembangan, 3. Pengabdian dalam Masyarakat. Ini semua sudah menjadi tanggung jawab sebagai mahasiswa dan mahasiswa harus rela untuk melakukan semua itu. Bisa juga yang katanya mahasiswa sebagai agen of change dan agen of control

Ketika terjadi bencana alam yang terjadi di Gunung Kidul dan beberapa wilayah lainnya. Hujan yang terjadi selama beberapa hari secara terus menerus megakibatkan sungai yang meluap begitu banyak dan besar  ke daratan dan menenggelamkan rumah rumah warga sehingga banayak warga yang mengungsi. Untuk bertahan hidup mereka berpindah tempat tinggal di Masji, sekolahan, dan sanak saudara yang sekiranya tidak terendam air banjir. Dari banjir tersebut menyebabkan banyak infrastruktur yang rusak seperti jembatan dan jalan. Dari kejadian tersebut akhirnya banyak mahasiswa dari berbagai kalangan melakukan menjadi relawan. Relawan ini bisa dilakukan dengan penggalangan dana untuk korban banjir.

Banyak dari kelompok kelompok dan organisasi mahasiswa melakukan peggalangan dana sebagai relawan atas peristiwa tersebut. Bisa juga dengan memberika pakaian pakaian barang barang, dan juga makanan untuk diberikan kepad korban banjir. Dalam peristiwa itu semuanya tidak memandang asal daerah, ras atau suku untuk peduli antar sesama. Mereka berlomba lomba untuk membantu korban banjir. Setiap organisai hampir menunjukan eksisitesinya terhadap fenomena bencana alam tersebut. Tidak hanya bencana alam saja tapi juga terhadap fenomena sosial, ekonomi dan politik. 

Sebernya bukan hanya ketika terjadi bencana alam saya yang dikatakan sebagai relawan, namun ketika dalam keseharian kita terdapat masalah sosial atau apapun dan ketika itu kita turun tangan untuk membatu maka bisa dikatakan sebagai relawan.misal ketika mebantu orang lain sedang kesusahan atau membantu orang orang difabel, juga bisa dikatakan  relawan. Ketika kita membantu orang lain maka kita terdapat nilai lebih didalam kita dari pada mereka yang tidak membantu oranglain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar