Weather (state,county)

Breaking

Kamis, 11 Januari 2018

MEDIA DAN FAKTA

media dan fakta

Bidang Hikmah (Media dan Fakta) - Kita sudah tidak bisa jauh dari media, karena media sudah berada disekitar kita. Salah satu ciri ciri orang modern adalah menggunakan media sebagai kebutuhan dalam hidupnya. Media adalah alat atau saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan.  Dulu, untuk menyampaikan pesan butuh waktu yang lama untuk sampai dibaca ke konsumen pesan. Sekarang, dalam kurun waktu beberapa menit bahkan detik, pesan sudah bisa sampai ke penjuru nusantara bahkan dunia dengan cepatnya. Ini semua berkat kemajuan teknologi yang terus berkembang dan terus berinovasi. Inovasi ini dilakukan untuk mempermudah manusia dalam menjalankan setiap kehidupannya.
Namun, terkadang media yang disampaikan telah tercoreng oleh beberapa pihak, ketika informasi atau pesan yang ingin disampaikannya tidak sesuai keadaan dan fakta yang ada. Ini bisa dilakukan untuk keperluan dan kepentingan beberapa pihak yang terlibat didalamnya. Seperti untuk mencari pencitraan dan untuk menjatuhkan musuh atau orang lain. Sangat mudah sekali untuk melakukannya hanya menngunakan uang semua urusan beres dilakukan oleh penguasa.
Terkadang juga kita melakukan  hal serupa juga, yaitu dengan memosting hal hal yang menyakiti orang lain melalui media. Kita juga terkadang mengkonsumsi  sebuah informasi atau berita itu tanpa memilah memilah terlebih dahulu. Segala informasi apa saja kita konsumsi begitu saja, ini berdampak buruk bagi kita ketika melihat sebuah keburukan dalam suatu berita di media. Begitu mudahnya percaya dengan berita di media sehinnga mudah menjustifikasikan suatu hal tanpa melihat terlebih dahulu asal muasalnya seperti apa, jadi alangkah baiknya kita memilih memilih berita terlebih dahulu, jangan ambil secara mentah mentah tanpa mencari usut suatu hal dari berita dalam suatu rezim media. 
Terkadang media juga ada sisi baiknya untuk sebagai pengiklanan atau mempromosikan sebuah produk atau UMKM masyarakat. Ini digunakan untuk memperkenalkan produk kita kepada masyarakat ramai. Bisa juga media sebagai ajang mencari dana ketika terjadi musibah. Seperti dulu kasus palestina, rohingya dan masih banyak lainnya yang menggunakan media untuk penggalangan dana bagi orang yang terkena musibah. Media digunakan ajang solidaritas sesama umat yang terkena musibah. Alangkah baiknya gunakan media dengan bijak, karena orang bijak taat bayar pajak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar