Weather (state,county)

Breaking

Sabtu, 13 Januari 2018

MEDIA DAN HOAX



   Bidang Kader dan SBO - MEDIA DAN HOAX,  Media masa atau pers adalah suatu jenis media yang digunakan untuk memberikan informasi untuk masyarakat yang lebih luas. Istilah media masa atau pers dimulai pada tahun 1920-an. Menurut UU No. 40 tahun 1999 tentang pers.Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, atau suara dan gambar serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan mengunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.
   Menurut Oemar Seno Adji pers dalam arti sempit yaitu penyiaran-penyiaran pikiran, gagasan, atau berita dengan kata tertulis. Pers dalam arti luas yaitu memasukkan semua media massa comunication yang memancarkan pikiran dan perasaan seseorang baik dengan kata-kata tertulis maupun dengan lisan.
   Menurut Kustadi Suhandang pers adalah seni atau ketrampilan mencari, menumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari secara indah dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hati nurani khalayak.
   Media massa semakin berkembang seiring perkembangan jaman teknologi dan sosial, perkebangan ini sangatlah signifikan, tak hanya melalui media cetak dan elektronik namun mengunakan media lain seperti internet dan smart phone yang sudah dengan mudahnya untuk mendapatkan informasi tak hanya dalam negeri namun hingga mendunia. Media tak hanya lagi sebagai gudang informasi namun sudah menjadi rajanya informasi setelah buku. Peran media sangatlah membantu masyarakat dalam mencari informasi. Disini saya akan sedikit memaparkan media dan dampak apa sajakah dalam perkembangan informasi.
RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas, maka pokok yang akan di bahas kali ini 
Bagaimana peran media di jaman sekarang?
Apa dampak yang di timbulkan?
Apakah Media di gunakan Menyebarkan Berita Hoax?

BAB II
PEMBAHASAN
Peran Media di jaman sekarang
   Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV. Media massa terdiri dari media cetak, media elektronik, dan media online. Media cetak seperti koran, majalah, suratkabar, tabloid, buku, dsb. Media elektronik yaitu tv, radio, dan film. Media online adalah suatu informasi yang di dapat melalui internet.
    Pada era globalisasi sekarang ini dalam hal informasi sudah sangat mudah dengan mengandalkan smart phone informasi sudah dengan mudahnya di dapatkan. Hampir semua kalangan sudah menggunakan yang namanya media sosial . Perkembangan teknologi media sosial ini sudah tak asing laagi bagi ke hidupan sehari-hari serta telah merubah gaya hidup bahkan pola pikir. Berbagai macam bentuk media sosial yang sering digunakan masyarakat saat ini adalah seperti blog atau vlog, facebook, instagram, twitter dan yang lainnya.  
Dampak yang di timbulkan
Manusia merupakan makhluk sosial, namun adanya teknologi sekarang ini membawa pengaruh pada masyarakat sendiri. Karena ketergantungan dengan teknologi menyebabkan manusia menjadi anti-sosial, meyebabkan berubahnya gaya hidup antar individu bahkan pola pikir yang telah berubah. Dampak yang ditimbulkan dapat positif juga negatif. Dampak positif meliputi Mempermudah komunikasi secara efisien, efektif dan murah, juga sebagai sumber Informasi. Selain berdampak postif media juga dapat berdampak negatif seperti  Malas , manusia lama kelamaan akan menjadi  individualis sehingga tidak ada lagi interkasi sosial secara langsung, manusia lebih senang dengan hal-hal  yang menarik pada media massa seperti internet. Media juga dapat meningkatnya kejahatan aiatu suatu informasi bohong.  
Media di gunakan Menyebarkan Berita Hoax
 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘hoaks’ adalah ‘berita bohong.’ Dalam Oxford English dictionary, ‘hoax’ didefinisikan sebagai ‘malicious deception’ atau ‘kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat’. 
Seperti yang di paparkan oleh Jokowi bahwa, Jokowi sadar bahwa perkembangan teknologi memberikan dampak negatif bagi masyarakat. "Seperti yang kita lihat akhir-akhir ini, banyak berseliweran informasi yang meresahkan, mengadu-domba, memecah-belah," ujar Jokowi. Dampak negatif dari perkembangan teknologi tersebut adalah banyak muncul ujaran kebencian, ujaran kasar, fitnah, hingga upaya provokatif. Untuk itu, Jokowi ingin hal semacam itu ditindak tegas dan keras oleh aparat penegak hukum. "Muncul ujaran kebencian, pernyataan kasar, pernyataan fitnah, provokatif, dan bahasa yang dipakai bahasa yang misalnya 'bunuh', 'bantai', 'gantung'. Sekali lagi, ini bukan budaya kita, bukan kepribadian kita. Jangan sampai kita habis energi untuk hal seperti ini," paparnya.
Media yang seharusnya memberikan informasi namun di gunakan untuk menebarkan kebencian, fitnah, memprofokasi yang berakibat saling bantai hingga saling membunuh. 







BAB III
PENUTUP
Kesimpulan 
Media sosial adalah sarana yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi, dengan kemajuan teknologi media sosial juga dapat berdampak positif hingga negatif, hal positif sudah pasti adalah mempermudah manusia untuk mendapatkan informasi secara efektif dan efisien. selain dampak positif pasti ada dampak negatifnya antara lain menjadikan manusia anti sosial, antar manusia tidak saling berinteraksi secara langsung, dengan demikian telah hilang nilai-nilai sosial alam diri manusia. Tak hanya itu dengan perkembangan teknologi dimanfaatkan untuk hal-hal yang dapat memecah belah negara, agama, dengan memberikan opini dan pola pikir yang menyimpang. Sehingga seseorang sulit untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Bahkan dapat menebarkan radikalisme.
Saran 
Manusia adalah makhluk sosial, sebaiknya kita dapat memanfaatkan media sosial dengan baik, efektif dan efisien. Gunakan media secara bijak dan pada posisi yang tepat. Bijak dapat memilih dan memilah mana yang baik, benar dan mana yang salah. Kita harus sadar akan mana berita Hoax dan mana penebar radikalime dengan cara menambah ilmu dengan membaca atau dengan hal-hal yang dapat menambah wawasan kita.












DAFTAR PUSTAKA
 HYPERLINK "https://www.scribd.com/doc/25964065/Fungsi-Dan-Peranan-Pers" https://www.scribd.com/doc/25964065/Fungsi-Dan-Peranan-Pers
 HYPERLINK "https://id.wikipedia.org/wiki/Dampak_media_sosial" https://id.wikipedia.org/wiki/Dampak_media_sosial
 HYPERLINK "https://news.detik.com/berita/3384849/mui-berita-hoax-bisa-mengancam-persatuan-dan-kesatuan-bangsa" https://news.detik.com/berita/3384849/mui-berita-hoax-bisa-mengancam-persatuan-dan-kesatuan-bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar