Weather (state,county)

Breaking

Kamis, 06 April 2017

Cara Membangun Branding Dalam Bisnis

 Oleh : Immawati Amrina Rosyada
Siapa tak mau sukses? Siapa tak mau kaya? Pasti setiap orang mendambakan hal-hal tersebut. Namun, apakah hal tersebut dapat tercapai hanya dengan sekali kedip? Tentu tidak. Segala sesuatu pasti membutuhkan kerja keras dan perjuangan jika ingin mendapatkan kesuksesan. Man jadda wajada (barangsiapa yang bersungguh-sungguh akan memperoleh hasilnya). Seseorang dapat mencapai kesuksesan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menjadi bussinessman. Ada yang mengatakan bahwa jika kau ingin cepat kaya, maka berbisnislah bukan menjadi PNS.
Namun dalam melakukan berjualan atau berbisnis,kita perlu memperhatikan bahan/komposisi, kesehatan,kehalalan dan packagingnya. Packaging atau kemasan merupakan hal yang sangat penting akan tetapi seringkali disepelekan. Banyak orang yang mengatakan,”Ah luarnya jelek mah nggak papa, yang penting isinya”. Namun, hal seperti itu jika dibiasakan maka menjadi bibit baru dalam suatu pemahaman masyarakat bahwa nilai estetika tidak diutamakan. Padahal mengenal suatu brand atau suatu kemasan perlu adanya perbedaan dari tiap jenis barang dagangan. Pedagang  harus berinisiatif untuk memberikan ciri khas terhadap barang tersebut.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pedagang atau pengusaha dalam melakukan bisnis,antara lain :
1.      Lakukan Inovasi
Melakukan inovasi merupakan wujud dari pembaruan dengan melakukan hal-hal yang baru dan kreatif. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai bentuk. Mulai dari komposisi/bahan dasar sampai cara mengolah/membuat. Misalnya, Pak Andi melakukan sebuah inovasi dalam usaha kebab. Kebab menggunakan daging lele sebagai bahan utama dan karyawan menggunakan atraksi-atraksi yang unik dalam memasak kebab tersebut.
2.      Branding
Branding atau pemberian merk juga menentukan seberapa eksis barang yang kita jual. Dengan keunikan dan ciri khas yang berbeda dari barang milik orang lain, maka barang kita akan lebih dikenal dan mudah dihafal oleh kebanyakan orang. Misalnya, Pak Andi pemilik usaha kebab menamainya lapaknya sebagai ‘Kebab Hits’ agar orang-orang penasaran dan membeli barang Pak Andi.
3.      Promosi
Selin inovasi dan branding, promosi juga perlu digalakkan. Dalam melakukan promosi tidak hanya satu media saja yang kita tempuh. Harus menggunakan media-media lain seperti media sosial (facebook,twitter, instagram)dan media cetak (kartu nama, pamflet,flyer,x-banner,dll). Pemanfaatan media akan memudahkan kita dalam menggencarkan promosi melihat teknologi yang semakin canggih di era saat ini.
4.      Perhatikan Segmentasi
Segmentasi juga penting dalam melakukan sebuah bisnis. tanpa kita memperhatikn segmentasi baik dari obyek, tempat, waktu,dll pembeli mungkin hanya satu-dua saja yang berminat. Oleh karena itu, segmentasi pasar sangat dibutuhkan oleh seorang pengusaha/pedagang. Jangan misalnya kita menjual sepatu merk Nike di pelosok desa yang banyak manula. Kita harus memberikan detail yang jelas, siapa saja yang kita tuju, dimana sekiranya orang-orang tersebut mudah ditemui,dan masih banyak lagi.
Nah itulah tadi beberapa tips yang sekiranya memudahkan kita dalam membuka peluang usaha bagi teman-teman. Jadi,jangan sampai kita salah jurusan dalam membuka lapak usaha di kemudian hari. Jika kita dapat melakukan hal-hal tersebut Insya Allah ini menjadi penuh berkah dan rezeki mellimpah ruah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar