Oleh : Immawati Amrina Rosyada
Siapa tak mau sukses? Siapa tak mau kaya? Pasti setiap orang
mendambakan hal-hal tersebut. Namun, apakah hal tersebut dapat tercapai hanya
dengan sekali kedip? Tentu tidak. Segala sesuatu pasti membutuhkan kerja keras dan
perjuangan jika ingin mendapatkan kesuksesan. Man jadda wajada (barangsiapa
yang bersungguh-sungguh akan memperoleh hasilnya). Seseorang dapat mencapai
kesuksesan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menjadi bussinessman. Ada
yang mengatakan bahwa jika kau ingin cepat kaya, maka berbisnislah bukan
menjadi PNS.
Namun dalam melakukan berjualan atau berbisnis,kita perlu
memperhatikan bahan/komposisi, kesehatan,kehalalan dan packagingnya. Packaging
atau kemasan merupakan hal yang sangat penting akan tetapi seringkali
disepelekan. Banyak orang yang mengatakan,”Ah luarnya jelek mah nggak papa,
yang penting isinya”. Namun, hal seperti itu jika dibiasakan maka menjadi
bibit baru dalam suatu pemahaman masyarakat bahwa nilai estetika tidak
diutamakan. Padahal mengenal suatu brand atau suatu kemasan perlu adanya
perbedaan dari tiap jenis barang dagangan. Pedagang harus berinisiatif untuk memberikan ciri khas
terhadap barang tersebut.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pedagang atau
pengusaha dalam melakukan bisnis,antara lain :
1.
Lakukan
Inovasi
Melakukan inovasi merupakan wujud
dari pembaruan dengan melakukan hal-hal yang baru dan kreatif. Hal ini dapat
dilakukan dengan berbagai bentuk. Mulai dari komposisi/bahan dasar sampai cara
mengolah/membuat. Misalnya, Pak Andi melakukan sebuah inovasi dalam usaha
kebab. Kebab menggunakan daging lele sebagai bahan utama dan karyawan
menggunakan atraksi-atraksi yang unik dalam memasak kebab tersebut.
2.
Branding
Branding atau pemberian merk juga
menentukan seberapa eksis barang yang kita jual. Dengan keunikan dan ciri khas
yang berbeda dari barang milik orang lain, maka barang kita akan lebih dikenal
dan mudah dihafal oleh kebanyakan orang. Misalnya, Pak Andi pemilik usaha kebab
menamainya lapaknya sebagai ‘Kebab Hits’ agar orang-orang penasaran dan membeli
barang Pak Andi.
3.
Promosi
Selin inovasi dan branding, promosi
juga perlu digalakkan. Dalam melakukan promosi tidak hanya satu media saja yang
kita tempuh. Harus menggunakan media-media lain seperti media sosial
(facebook,twitter, instagram)dan media cetak (kartu nama,
pamflet,flyer,x-banner,dll). Pemanfaatan media akan memudahkan kita dalam
menggencarkan promosi melihat teknologi yang semakin canggih di era saat ini.
4.
Perhatikan
Segmentasi
Segmentasi juga penting dalam
melakukan sebuah bisnis. tanpa kita memperhatikn segmentasi baik dari obyek,
tempat, waktu,dll pembeli mungkin hanya satu-dua saja yang berminat. Oleh
karena itu, segmentasi pasar sangat dibutuhkan oleh seorang pengusaha/pedagang.
Jangan misalnya kita menjual sepatu merk Nike di pelosok desa yang banyak
manula. Kita harus memberikan detail yang jelas, siapa saja yang kita tuju,
dimana sekiranya orang-orang tersebut mudah ditemui,dan masih banyak lagi.
Nah itulah tadi beberapa tips yang
sekiranya memudahkan kita dalam membuka peluang usaha bagi teman-teman.
Jadi,jangan sampai kita salah jurusan dalam membuka lapak usaha di kemudian
hari. Jika kita dapat melakukan hal-hal tersebut Insya Allah ini menjadi penuh
berkah dan rezeki mellimpah ruah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar